Fresh Graduate Syndrome part I : Mengidentifikasi Fresh Graduate Syndrome

Ini adalah sebuah sindrome yang unik. Mengapa?

Lagi Galau

Susah Move ON

Adakalanya sebuah penyakit ditunjukkan oleh adanya kelainan yang dialami oleh tubuh. Misalkan, suhu tubuh menjadi tinggi, pilek, mual, bersin-bersin dan sebagainya. Namun, penyakit yang satu ini yaitu “ fresh graduate syndrome” tidak menunjukkan gejala yang kasat mata. Ia lebih ditunjukkan melalui perubahan psikologis dari para penderitanya. Penyakit ini, jika memang boleh dikatakan sebuah penyakit, khusus melanda bagi mereka yang baru lulus sekolah (Fresh Graduate), terutama perguruan tinggi dalam segala level. Penderita yang dihinggapi oleh syndrome ini akan mengalami apa yang biasa disebut sebagai “SUMO”, aka Susah move on, akhirnya menjadi galau dan gundah gulana etc. Mirip sekali dengan mereka yang lagi gagal dalam dunia percintaan. Namun, tentu saja dengan sudut orientasi yang berbeda.

Untuk meneliti apakah anda termasuk manusia yang sedang dihinggapi perasaan ini, berikut adalah checklist yang dapat membantu anda untuk mengidentifikasi apakah anda termasuk mengidap sindrom yang satu ini atau tidak?

  1. Apakah anda masih belum memiliki tujuan yang jelas setelah anda selesai masa studi anda?
  2. Apakah anda kurang PEDE terhadap kemampuan diri anda sendiri, sehingga berulang kali menghambat anda untuk maju setiap ada peluang?
  3. Takut masuk ke lingkungan yang baru?
  4. Bekerja tidak dalam kondisi optimal karena takut keliru? Atau, Bekerja tidak sesuai SOP alias” Grasak-Grusuk”?
  5. Kuantitas posting anda ke social media semakin bertambah banyak dari waktu ke waktu? Sering curhat ke social media tentang kegalauan anda? Wujud curhatan bisa berupa kata-kata bijak, membagi postingan motivasi dari Mario Teguh, yang sebenarnya ditujukan untuk memotivasi anda sendiri yang lagi “SUMO”.
  6. Melamar pekerjaan di perusahaan apapun meskipun pekerjaan yang anda lamar tidak sesuai dengan kualifikasi anda?
  7. Terakhir, anda mau menerima pekerjaan apapun yang disodorkan pada anda saat ini juga karena takut kesempatan yang sama tak akan datang dua kali?

Jika kebanyakan dari parameter-parameter tersebut,  anda menjawab dengan “YA”. Patut untuk diketahui bahwa anda saat ini tengah mengidap gejala “Fresh Graduate Syndome”. Tidak usah khawatir, ini adalah sebuah syndrome yang semua orang juga pernah mengalaminya. Ketakutan terhadap masa depan adalah sebuah hal yang lazim bagi kita semua. Namun, akan menjadi sangat berbahaya jika hal tersebut mendikte anda untuk tidak bersikap ilmiah. Sikap ilmiah adalah sebuah sikap yang terdapat kebijaksaan di dalamnya, kata seorang budayawan bernama “Prie GS”. Orang yang bersikap ilmiah akan memikirkan rentetan konsekuensi logis yang akan terjadi sebelum mereka melakukan hal tersebut.

Contoh sederhana orang yang bersikap ilmiah adalah orang yang tidak membuang sampah di got. Ia berbuat demikian Karena tahu bahwa membuang sampah sembarangan di got, akan menyumbat saluran air. Saluran air yang tergenang, akan menjadi sarang nyamuk. Jika nyamuk sudah beranak pinak disitu, maka akan rawan terhadap penyakit yang dibawa oleh si nyamuk, misalkan DB, malaria, etc. Belum lagi jika musim hujan datang. Lingkungan akan banjir karena air hujan tidak mendapatkan saluran pembuangan yang baik. Beginilah watak orang yang bersikap ilmiah itu.

Bersambung ke part 2 –Mengendalikan Rasa Takut

About these ads

About achmad royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in artikel, refleksi and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Fresh Graduate Syndrome part I : Mengidentifikasi Fresh Graduate Syndrome

  1. Pingback: Sensasi dari Rasa Takut | CREATIVE ENDLESS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s