Pelestarian Lingkungan, antara Bentuk Kontribusi dan Peluang Bisnis

" break the ordinary "

Masalah pemanasan global sudah menjadi sebuah isu yang berkembang sangat pesat akhir-akhir ini. Hal ini tidak lepas daripada semua bencana yang diakibatkan dari pemanasan global tersebut. Naiknya permukaan air laut, mewabahnya penyakit tropis dan cuaca yang tidak menentu merupakan beberapa hal yang ditimbulkan akibat dari pemanasan global.

Apa yang sebenarnya menyebabkan pemanasan global tersebut?

Tak lain dan tak bukan, penyebabnya ialah pola kehidupan masyarakat yang berkembang saat ini. Dimana kehidupan modern telah mengubah kehidupan manusia menjadi lebih konsumtif. Sayangnya, kehidupan konsumtif tersebut tidak diimbangi dengan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Di Brazil misalnya, untuk memenuhi kebutuhan kedelai di dunia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, hutan-hutan amazon telah disulap menjadi ladang-ladang penghasil kedelai. Di Indonesia, juga banyak terjadi eksploitasi terhadap alam yang dilakukan secara besar-besaran untuk mencari bahan tambang, contoh yang bisa kita lihat adalah di pulau Kalimantan. Jika dulu hutannya masih lebih rapat dibandingkan dengan yang ada di Papua, sekarang sudah tidak lagi. Malah hutan yang kelihatannya lebat, jika kita lihat dari atas pesawat terlihat gundul di tengahnya.

Apa yang bisa kita lakukan?

Tidak lain dan tidak bukan adalah dengan melestarikan lingkungan yang sudah mulai kita tinggalkan selama ini. Hal ini tentu saja bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, mengingat selama ini banyak dari kita yang masih berperilaku konsumtif secara berlebihan tetapi kurang peka terhadap permasalahan yang dihadapi oleh lingkungan selama ini. Contoh yang paling sederhana untuk menggambarkan hal tersebut misalkan, dalam seminggu kita memakai baju tujuh macam, tetapi nyatanya banyak dari kita yang memiliki lebih dari tujuh macam baju. Sisanya tersimpan rapi di dalam lemari. Perilaku seperti inilah yang harus kita hindari, karena secara tak langsung pemborosan hanya akan mengakibatkan efek negatif terhadap lingkungan.

Kenapa? Misalkan, kita ambil contohnya tetap yaitu baju.

Baju berasal dari pabrik. Untuk sampai ditangan kita membutuhkan transportasi. Sudah barang tentu setiap alat transportasi membuang gas yang dapat mencemarkan lingkungan. Pabrik mengolah kapas menjadi kain dan kemudian dipintal menjadi baju.Dari proses tersebut tentu saja juga menghasilkan limbah yang dapat merusak lingkungan. Kemudian kapas sebagai bahan mentahnya, ditanam pasti dengan menggunakan pestisida untuk menjaga agar tanaman tersebut tidak terserang hama, dimana kita tahu pestisida sangatlah berbahaya bagi lingkungan. Dari baju saja, sekarang kita sudah banyak tahu tentang dampak negatif yang merusak alam.

Pada saat ini, dimana kesadaran masyarakat dunia akan kondisi lingkungan sudah mulai muncul, banyak orang yang agaknya mulai beralih pola hidupnya dengan menggunakan produk-produk yang lebih ramah lingkungan daripada yang tidak. Disinilah, ketika upaya pelestarian lingkungan yang kita lakukan dapat dioptimalkan menjadi suatu yang dapat menghasilkan profit.

Bagaiman caranya?

Caranya adalah dengan menjadi kreatif. Salah satu yang sudah tersebar luas sekarang ini adalah daur ulang limbah plastik menjadi barang yang bisa digunakan kembali seperti payung, jas hujan dan macam produk lainnya. Paradigma inilah yang perlu kita kembangkan pada zaman sekarang ini, dimana pelestarian linkungan tidak melulu hanya berhubungan dengan usaha penghijauan dan aksi menentang penebangan hutan secara liar semata. Di zaman yang serba sulit ini, inilah sebuah solusi yang sanggup mengatasi berbagai permasalahan yang sedang timbul di negeri kita. Selain kita dapat berkontribusi bagi pelestarian lingkungan, tentu saja kita dapat mengurangi jumlah angkatan kerja yang

semestinya ditanggung oleh pemerintah. Banyak kesempatan dan lomba-lomba sekarang ini yang mengangkat tentang inovasi lingkungan. Pada akhirnya, tinggal bagaimana kita mempersiapkan diri sehingga kita dapat memanfaatkan berbagai macam bentuk kesempatan tersebut.

About royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in artikel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s