Meningkatkan SDM Perbankan Syariah

Diawali dengan berdirinya BPRS kemudian beroperasinya PT Bank Muamalat Indonesia yang menjadi Bank umum pertama yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah, hingga tujuh tahun kemudian diikuti kemunculan Bank Syariah Mandiri sebagai Bank syariah pertama milik pemerintah dan bank-bank lain yang tak ingin ketinggalan membuka unit usaha syariah, telah membuat kebutuhan SDM untuk perbankan syariah meningkat tajam.
Kebutuhan SDM ini akhirnya menjadi masalah klasik yang dialami oleh perbankan syariah dimana jumlah yang tidak mencukupi untuk mengelola keberadaan dari Bank Syariah yang sudah ada. SDM yang cukup terbatas dapat menghambat perkembangan perbankan syariah. Dan ini, kata Bambang Sutrisno, yaitu selaku Sekjend Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), tidak bisa terhindarkan adanya caplok-mencaplok SDM dari satu bank syariah ke bank syariah lain. Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa kebutuhan SDM perbankan syariah dalam lima tahun ke depan diperkirakan 40.000 orang. Sementara saat ini, data terakhir tahun 2009 mencatat SDM bank syariah masih sebanyak 3.271 orang.
Selain masalah kekurangan SDM, hal lain lagi yang turut menjadi permasalahan yang masih berkutat dengan SDM adalah minimnya sumber daya manusia yang memahami secara komprehensif segala hal yang berkaitan dengan industri perbankan syariah. Sehingga dalam prakteknya, seringkali terjadi penyimpangan-penyimpangan aktivitas transaksi yang tidak sesuai dengan syariah. Karena itu, Dewan Pengawas Syariah harus berperan aktif di dalam mengawasi segala aktivitas usaha yang dilakukan bank Islam.
Maka dari itu, perlu ditingkatkan berbagai upaya sosialisasi secara terus menerus mengenai sistem perbankan yang sesuai dengan syariah. Upaya sosialisasi ini bisa lewat suatu acara kegiatan rutin, misalkan dengan pengajian yang diselenggarakan satu kali tiap minggu. Intinya adalah bagaimana menciptakan suatu budaya Islami bagi seluruh sumber daya manusia yang memiliki peran dalam perbankan syariah. RU8XF6XAY2R3

About royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s