Belajar Buat Website, Pengertian Domain Dan Hosting

Bagi temen-temen yang ingin membangun sebuah website sendiri, alangkah baiknya jika temen-temen mulai untuk mengerti tentang domain dan hosting.

1. Pengertian Domain

Apa itu domain? domain merupakan nama unik/alamat untuk website anda, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Jadi apabila seseorang ingin melihat file-file HTML milik saya maka mereka cukup menulis www.achmadroyani.co.cc pada browser maka otomatis website saya akan muncul. Karena domain achmadroyani.co.cc telah menjadi milik saya. Anda pun dapat membeli sendiri domain untuk anda, tinggal pilih nama yang bagus dan anda akan memiliki domain anda sendiri. Untuk domain biayanya biasanya pertahun, dan setelah anda memiliki domain maka domain tersebut tidak bisa dimiliki oleh orang lain kecuali anda tidak lagi membayarnya. Jika anda memiliki domain achmadroyani.co.cc maka URL(Uniform Resource Locator) anda adalah www.achmadroyani.co.cc. Dan cara untuk dapat masuk (log in) ke dalam URL anda adalah http://achmadroyani.co.cc/wp-login. Sebab, yang saya gunakan adalah wordpress. Sebagai tambahan, di dunia internet ada dua jenis layanan domain, yaitu yang berbayar dan yang tidak. Khusus yang saya pakai ini adalah yang tak berbayar. Anda bisa mengaksesnya disini.

2. Pengertian Hosting

Oke, sekarang apabila seseorang mengklik domain anda kemudian bagaimana caranya agar dokumen HTML yang ada pada komputer anda bisa ditampilkan? Dokumen-dokumen HTML pada komputer anda harus disimpan ditempat lain, jangan di komputer anda. Anda harus menyewa tempat diperusahaan Hosting untuk menyimpan dokumen anda. Jadi hosting merupakan tempat untuk menyimpan dokumen HTML anda. Biasanya perusahaan yang menjual hosting juga menjual domain jadi anda membeli domain sekaligus menyewa hosting untuk menyimpan file HTML anda. Pembayaran hosting biasanya bulanan.
Tipe-tipe Hosting
Free Hosting, nah kalau yang ini merupakan hosting gratisan, anda tidak perlu membayar apa-apa tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri. Untuk yang tidak ada iklan anda bisa mencoba yaitu, freewebhosting dan 000webhost.
Dedicated Hosting, nah yang ini merupakan solusi yang paling mahal. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda. Anda memerlukan tenaga ahli untuk merawatnya.
Collocated Hosting, yang satu ini juga solusi yang mahal, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.

Pada artikel selanjutnya, akan saya bahas bagaimana membuat domain dan hosting gratis.

About royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in internet and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Belajar Buat Website, Pengertian Domain Dan Hosting

  1. Pingback: Menuju ke Indonesia yang Melek Internet 2012 « CREATIVE ENDLESS

  2. Pingback: Mengurus Passport Baru di Kanim Surabaya (via Online) | CREATIVE ENDLESS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s