Internet Sebagai Jembatan Emas Menuju Kesuksesan

Kemajuan di bidang informasi merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari untuk saat sekarang ini. Hal ini juga didasarkan atas berkembangnya ilmu pengetahuan di bidang teknologi komunikasi sehingga memungkinkan hal tersebut bisa terlaksana. Tentu saja hal ini berdampak semakin besarnya pertukaran arus informasi yang semakin lama menghilangkan batas-batas antar negara. Kegiatan tersebut tidak sebatas pertukaran informasi saja, tetapi dapat berlanjut ke arah yang lebih jauh lagi yaitu adanya kolaborasi antara dua pihak untuk dapat saling menguntungkan. Seperti contohnya adalah untuk menunjang bisnis dimana peran teknologi informasi saat ini adalah menjadi sangat dominan sekali karena prinsipnya adalah untuk dapat mempermudah transaksi dan mengurangi inefisiensi karena antara penjual dan pembeli tidak harus berada dalam satu tempat. Sering kita mendengar banyak istilah populer seputar teknologi informasi seperti e-commerce, e-banking dan masih banyak hal lainnya. Itulah sedikit contoh yang menggambarkan akan pentingnya peran teknologi informasi saat ini.

Internet adalah satu dari sebegitu banyaknya media yang digunakan di bidang ini. Dari data yang ada menunjukkan bahwa terdapat 63% dari jumlah penduduk indonesia mengakses internet selama kisaran 1-2 jam per hari. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa kebutuhan internet sebagai media untuk hiburan, mencari informasi atau mungkin sebagai alat untuk promosi telah banyak mempengaruhi gaya hidup kita sehari-hari. Sayangnya, tak semua informasi yang disajikan oleh internet itu benar-benar sesuai dengan apa yang kita harapkan. Banjir informasi ini kadang kala tidak berimbang dengan kemampuan kita untuk memilah. Sehingga dengan banyaknya informasi, malah membuat kita tidak bisa mengembangkan diri kita. Salah satu penyebabnya adalah banyak masuknya prosentase informasi yang tidak berguna ke dalam memori kita. karena atas dasar suka pada hal tersebut, jika dibandingkan dengan yang betul-betul kita butuhkan. Dan, tentu saja unsur hiburanlah yang begitu kita sukai saat kita berinternet, misalnya: kecenderungan untuk selalu up-date status di facebook dan banyak hal lainnya.

Inilah yang membuat kebanyakan dari kita, dengan sebegitu banyaknya sisi positif yang ada pada internet tetapi tidak bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin. Tingkatan kita adalah masih sebatas user atau orang yang hanya sebagai penikmat kemajuan dari teknologi informasi daripada menjadi orang yang mampu mengolah data (admin). Padahal uang ini bisa datang dengan sendirinya jika kita mampu untuk mengolah berbagai informasi yang ada pada internet. Salah satu yang bisa saya contohkan adalah dengan berbekal blog ini, bisa jadi akan dapat netbook dengan mengikuti FESTIVAL BLOG 2010. Dan, tentu saja masih banyak hal yang lainnya.

Inilah yang perlu kita ubah. Cara pandang terhadap internet yang pada mulanya hanya sebatas user harus kita ubah menjadi seorang admin (pengolah informasi). Contohnya yang mungkin bisa kita lakukan mulai saat ini: pada saat kita buka account facebook kita nanti, kita jangan hanya up-date status dan basa-basi sesama teman kita saja, tetapi cobalah untuk nyari info seperti : lowongan pekerjaan, mencari teman untuk bisa diajak kolaborasi atau malah bagi anda yang udah punya usaha kecil, memanfaatkan media tersebut untuk memasang iklan secara gratis. Inilah yang akan membuat kita menjadi hebat bahwa memang kebebasan dalam kita mengakses informasi haruslah sejalan dengan apa yang kita butuhkan, tidak hanya digunakan untuk mengakses hal-hal yang kita senangi saja.

Dengan begini, meskipun ditengah derasnya arus pornografi, kita tidak akan menjadi terbawa ke dalam pusarannya yang dapat menghancurkan diri kita. Sebab, cara kita memandang internet sudah sehat yaitu sebagai admin yang mengolah informasi yang kita butuhkan untuk menunjang masa depan kita. Oleh karena itu, masa depan pun pada akhirnya bisa kita raih dengan gemilang.

About royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in artikel and tagged . Bookmark the permalink.

5 Responses to Internet Sebagai Jembatan Emas Menuju Kesuksesan

  1. boyjati says:

    lumayan bagus tulisannya

  2. re2myblogg says:

    bener banget mas.. internet itu akan menjadi lebih baik jika kita memanfaatkannya semaksimal mungkin…

  3. Yahya N says:

    like this…..
    http://apadefinisinya.blogspot.com/2010/09/pribadi-sehat-berinternet-sehat.html
    ditunggu juga blogwalkingnya dan ditunggu pula pendapatna ya?

  4. Selamat jadi admin mas🙂 Dan selamat kontes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s