Keep Writing and Spread The Spirit of Innovation

Internet adalah satu dari sebegitu banyaknya media yang digunakan di bidang ini. Dari data yang ada menunjukkan bahwa terdapat 63% dari jumlah penduduk indonesia mengakses internet selama kisaran 1-2 jam per hari. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa kebutuhan internet sebagai media untuk hiburan, mencari informasi atau mungkin sebagai alat untuk promosi telah banyak mempengaruhi gaya hidup kita sehari-hari. Sayangnya, tak semua informasi yang disajikan oleh internet itu benar-benar sesuai dengan apa yang kita harapkan. Banjir informasi ini kadang kala tidak berimbang dengan kemampuan kita untuk memilah. Sehingga dengan banyaknya informasi, malah membuat kita tidak bisa mengembangkan diri kita. Salah satu penyebabnya adalah banyak masuknya prosentase informasi yang tidak berguna ke dalam memori kita. karena atas dasar suka pada hal tersebut, jika dibandingkan dengan yang betul-betul kita butuhkan. Dan, tentu saja unsur hiburanlah yang begitu kita sukai saat kita berinternet, misalnya: kecenderungan untuk selalu up-date status di facebook dan banyak hal lainnya.

Inilah yang membuat kebanyakan dari kita, dengan sebegitu banyaknya sisi positif yang ada pada internet tetapi tidak bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin. Tingkatan kita adalah masih sebatas user atau orang yang hanya sebagai penikmat kemajuan dari teknologi informasi daripada menjadi orang yang mampu mengolah data (admin ). Padahal uang ini bisa datang dengan sendirinya jika kita mampu untuk mengolah berbagai informasi yang ada pada internet.

Meskipun sudah cukup lama saya mendalami dunia “blog-blogkan”. Masih saja saya bingung jika ditanya apa itu pengertian dari “blog”. Yah, jika menurut dari definisi-definisi yang sudah ada, blog dapat berarti “susunan teks, gambar, obyek, media dan data yang disusun secara berurutan yang bisa ditampilkan pada browser HTML”. Aktivitasnya sendiri disebut dengan istilah “Blogging” dan orang yang memilikinya disebut “Blogger”. Seorang Rebecca Blood sendiri menulis bahwa seorang blogger sifat dasarnya bukanlah reporter. Mereka berperan sebagai editor pada blognya masing-masing dan dalam sebuah dunia dengan budaya media yang telah jenuh, blog menjadi suara-suara alternatif yang menyuarakan bunyi independen dalam setiap ulasannya. Blog bukanlah sebuah obat yang mujarab untuk budaya yang telah jenuh dengan media, tetapi mudah-mudahan blog adalah salah satu peredanya.

Pengertian blog sendiri jika kita coba menengok seperti yang diatas, bisa dikatakan bahwa aktivitas ini (blogging ) cukup “njlimet ”. Pasalnya, begitu banyak komponen-komponen yang perlu kita atur untuk membuat sebuah tampilan blog saja agar tetap kelihatan menarik. Belum juga untuk membuat tulisannya yang tak kalah mempesonanya juga agar banyak orang mau berkunjung. Maka bisa dikatakan, orang yang memiliki blog dan selalu menyempatkan diri untuk me-maintenance blognya, lama-lama akan memiliki jiwa seni dan tumbuh pada dirinya sebuah kemampuan untuk mengatur segala sesuatu agar terlihat lebih match . Inilah yang juga bisa disebut sebagai kemampuan manajemen. Artinya, dengan sebegitu banyaknya variabel-variabel yang kita punyai, kemampuan kita diasah untuk dapat memilih dari banyak variabel tersebut dan bagaimana menempatkannya agar terlihat bagus. Tinggal, bagaimana nantinya kemampuan manajemen yang kita peroleh lewat blogging ini kita aplikasikan ke dunia nyata.

Selain itu, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk kita belajar, caranya adalah dengan menulis kembali materi-materi pelajaran/kuliah yang kita dapat dari dosen disertai ilustrasi atau data-data yang mendukung. Tentu saja ini akan lebih mengingatkan kita akan materi tersebut karena dengan terbatasnya space di blog , mau tidak mau kita harus meringkas materi tersebut. Nah, kalau tidak paham, bagaimana kita mampu meringkasnya. Maka dapat dikatakan, menulis materi kembali ke dalam sebuah blog akan dapat membantu kita untuk belajar sehingga bisa mendongkrak prestasi kita.

Memiliki blog ini adalah satu daripada banyak strategi lainnya untuk dapat mempergunakan media internet secara sehat sehingga manfaatnya bisa kita rasakan. Saya cukup bangga bahwa Indonesia juga termasuk negara yang jumlah bloggernya sangat banyak. Hal ini dibuktikan dengan ditetapkan Jakarta oleh majalah Business Week sebagai salah satu bagian dari sabuk blog dunia. Maka dari itu, bravo untuk para Blogger. Keep writing and spread the spirit of innovation.

Sumber : kompasiana

About royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in internet and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s