Le Monde en 2012

Gunung tak perlu tinggi yang penting ada dewanya, Sungai tak perlu dalam yang penting ada naganya, Orang tak perlu luar biasa yang penting ada maknanya –Dahlan Iskan dan Pepatah Cina-

Dunia pada tahun 2012. What’s happened? Begitu banyak hal yang terjadi di tahun 2012. Hal yang extraordinaire. Sungguh luar biasa, yang mungkin akan mengubah wajah dunia untuk beberapa tahun ke depan. Tepat pada tanggal 4 Juli lalu, saat Amerika sedang merayakan Independence Day, dunia sempat dikejutkan oleh ditemukannya “Goddamn Particle” (Higg Boson). I don’t know what the significance in this particle. Berita ini seakan memberitahu bahwa Amerika telah kalah dalam hal perkembangan teknologi dari Eropa. Beberapa hari yang lalu juga, dikabarkan seorang pasien di Jerman telah sembuh dari AIDS. Oh la… la … apakah perang melawan AIDS akan segera berakhir? Mungkinkah? Le printemps arabe, atau yang lebih dikenal “the arab springs”, yaitu pemberontakan yang terjadi saling bergantian di negara arab untuk menuntut keadaan hidup yang lebih baik. Saat artikel ini ditulis sedang terjadi pemberontakan di Syria, setelah Mesir dan Libya. Apakah akan terjadi hal yang sama di Iran? Lalu, Crise de L’Uerope, serangan krisis ekonomi yang saat ini sedang melanda Yunani dan Spanyol, berlanjut dengan hangat-hangatnya Olympic Games London yang telah menunjukkan ceremony yang sungguh luar biasa.
Hal yang simple, tetapi tidak sesimpel efeknya telah banyak terjadi di dunia ini. Seperti kutipan di atas, dari seorang yang luar biasa (dijagokan pula sebagai presiden tahun 2014 –Dahlan Iskan-), membuat pernyataan untuk tidak perlu menjadi seorang yang luar biasa. Jika ia memandang dirinya bukan sebagai orang yang luar biasa, tetapi di mata orang ia adalah sosok yang luar biasa, sungguh barang tentu ada sesuatu yang istimewa dalam dirinya yang ia tak pernah sangka. Seperti juga the arab spring yang saat ini tengah terjadi di belahan bumi Maghrebi, dimulai dari bunuh dirinya seorang pemuda Tunisia, yang menyebabkan peristiwa pemberontakan terhadap Ben Ali, kemudian berlanjut di Mesir dan banyak negara Maghrebi lainnya. Siapa yang pernah menduga.
Maka … janganlah sekali-kali kita sedikit-sedikit meremehkan hal yang simple disekitar kita, karena barangkali, bisa jadi ia akan menjadi inti dari gerakan yang mampu menghasilkan perubahan.
Barangkali memang kita tak pernah mengerti apa yang sedang direncanakan Tuhan. Belum tentu sesuatu yang kita anggap jelek, akan seterusnya menjadi barang yang jelek dan tidak bisa dipergunakan. Toh … jangankan hal tersebut, apa yang sedang terjadi di sekitar kita saja, terkadang kita tak mampu mengerti. Seperti sehari yang lalu, saya tengah membaca mengenai kontes di Inggris untuk menerangkan fenomena unik yang terjadi pada air: Kenapa air yang lebih panas lebih cepat menjadi ice ketimbang air yang lebih dingin? Wow… sungguh luar biasa. Kontes ini kira2 masih dibuka hingga akhir Juli 2012. Jika anda berminat, masih ada waktu sekitar 2 hari.
Atau mungkin, pernahkah anda membayangkan tentang jantung? Bagaimana jantung ini bisa bekerja terus-menerus? Tenaga apa yang menggerakkannya? Sampai hari ini pun manusia belum bisa membuat padanan jantung. Dan, tahun 2012 masih terus berjalan hingga 4 bulan lagi, patut kita tunggu kejutan-kejutan yang akan hadir. Saya hanya bisa berharap tidak hanya menyaksikan terciptanya sejarah tersebut, tetapi juga bisa turut untuk menyumbangkan sejarah. Who Knows ? ~Just Thinking~

About royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in artikel, refleksi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s