Mengurus Passport Baru di Kanim Surabaya (via Online)

Sebenarnya, artikel tentang cara mengurus passport ini adalah sebuah artikel yang sering ditulis di berbagai media online yang ada di Internet. Alasan saya menulis artikel tentang cara mengurus passport ini tak lain adalah untuk bermain SEO (Search Engine Optimalisation), meskipun ada tujuan lain yaitu untuk membantu anda sekalian yang kebetulan ingin mengurus passport, khususnya di Kantor Imigrasi (Kanim) Surabaya.

Menulis memang adalah sebuah kebutuhan untuk berekspresi, tetapi memang terkadang manusia juga harus bisa menunjukkan keahliannya agar dia benar-benar memperoleh pengakuan dari orang lain. Meskipun demikian, hal tersebut bukanlah yang utama, tetaplah menulis … dan suatu saat jika keahlian anda sudah mumpuni, maka dengan sendirinya akan ada pembaca setia yang selalu mampir ke blog anda. Oke … sudah sampai disini curhatnya, balik lagi tentang cara mengurus passport … Kali ini yang akan saya utarakan kepada anda semua adalah tentang cara bagaimana mengurus passport secara online.

Bagian dalam Kanim Surabaya

Kenapa harus secara online? Tentu saja, cara online adalah cara yang lebih cepat daripada cara manual. Dengan cara ini, dijamin akan memakan waktu tak sampai setengah hari untuk mengurus passport tersebut, dan ini sudah saya lakukan ketika mengurus passport di Kanim Surabaya, yang terletak di jalan S. Parman, Waru, Sidoarjo.

Nah, pertama, dokumen apa saja yang harus anda siapkan untuk mengurus passport secara online ini? Ini urutannya …

  1. Scan Kartu tanda penduduk
  2. Scan Akta kelahiran
  3. Scan Kartu Keluarga

Nah, setelah tiga dokumen tersebut anda scan, masuk di web berikut ini

Klik “Pra Permohonan Personal”. Mengisinya tak perlu semua, yang terpenting adalah yang bertanda bintang (*). Jika anda tak mengerti prosedurnya, bisa  download prosedur cara pengisiannya pada menu terbawah halaman utama tersebut, yaitu “petunjuk pengisian layanan passport online”.

Nah, jika ada masalah saat penguplotan scan dokumen tersebut. Periksa kapasitas file yang anda uplot. Jenis gambarnya ataupun besar kapasitas filenya. Setelah selesai, print tanda bukti “Pra permohonan passport” tersebut, dan datanglah ke kanim Surabaya, sesuai dengan tanggal yang anda minta. Jangan lupa untuk juga mencetak/ mengcopy scan dokumen yang anda upload, semuanya dalam kertas A4 (termasuk KTP). Satu saja.

Oke … Lantas … langkah apa yang anda lakukan setelah itu ….

Tentu saja datang ke Kanim Surabaya … BTW, Kanim buka pukul 07.30 dan sebelum buka pun sudah pada ngantri di depan pintu … Maka alangkah baiknya jika datangnya sebelum jam 07.30. Selain dapat nomer antrian lebih awal, juga dapat parkir di dalam. Maklum lahan parkirnya sempit. Sepeda motor biasanya kalau sudah penuh, parkirnya sampai ke trotoar.

Setelah datang di Kanim Surabaya …

Jika anda mengurus passport baru, jangan lupa bawa lem + materai 6000. Setelah Kanim dibuka, langsung minta formulir Permohonan yang dibagikan secara cuma-cuma di costumer care. Jangan isi dulu, setelah ambil, langsung bergerak ke tempat pembelian map yang ada di depan masjid yang letaknya agak di dalam. Alasannya sederhana: harus antri disini (NB: akan sangat buang waktu jika anda harus mengisi formulir terlebih dahulu), belilah map di loket tersebut dan jelaskan kalau anda ingin mengurus passport baru, nanti akan diberi surat keterangan yang bermaterai selain map.

Langkah selanjutnya …

Isi formulir permohonan + surat keterangan. Kalau saya, langsung saya isi … gak pake tanya kesana kemari … biar cepat selesai. Passport yang saya miliki berisi 48h. Saya kurang tahu pasti apa bedanya dengan yang 24h. Kalau saya, surat keterangan saya isi dengan “untuk kepentingan study”, alangkah lebih baik memang ditanyakan, siapa tahu dapat yang 24h jatuhnya lebih murah … Tetapi, ada yang bilang juga, meskipun juga dengan sedikit keraguan, bahwa passport 24h untuk TKI. Yang jelas itu saya kosongi, dan tiba-tiba diisi 48h. Setelah dokumen anda lengkapi, lampirkan semua dokumen (KTP dsb) ke dalam map tersebut jadi satu dan letakkan di loket permohonan via internet. Disini nantinya anda akan dipanggil, dan disuruh menunjukkan dokumen asli dan sedikit ditanya untuk kepentingan apa anda mengurus passport. Setelah beres, tinggal menunggu panggilan selanjutnya, anda akan dapat no. antrian.

Nah, selanjutnya mudah … tinggal bayar ,,,, foto + sidik jari,,,, wawancara singkat … selesai … Ikuti alur aja … anda akan dipanggil sesuai dengan no. antrian

Anda boleh pulang dan menunggu passport jadi pada beberapa hari kemudian…

Note : Tarif SPRI + TI = Rp. 255.000, belum termasuk map, materai, parkir, bensin dll

Silahkan cek dulu passport anda apakah sudah jadi apa belum, lewat SMS seperti yang tertera di nomor antrian anda sebelum mengambil passport.

Demikian cara mengurus passport di Kanim Surabaya via online. Yang ternyata agak panjang juga penjelasannya. Tip ini sekaligus melengkapi tip saya yang lain yaitu tata cara mengurus sim C di Satpas Colombo, Surabaya.

Bagian depan Kanim Surabaya

Passport sebagai salah satu kunci ke luar negeri.   ~Semoga bermanfaat~

About royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in artikel, tips and tricks and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Mengurus Passport Baru di Kanim Surabaya (via Online)

  1. agus says:

    Cara pengurusan passport online tidak berlaku dikelas 3 bekasi.mungkin karena kelas 3 atau lokasinya yang dipinggiran ya?

  2. muhammad says:

    seippp infonya gan ,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s