Berikan Sedikit Waktu untuk Mengendapkan Pikiran

(Salah satu sebuah artikel renungan yang saya copi-paste dari website majalah Intisari). Intinya adalah jangan terburu-buru dalam mengambil sebuah keputusan, barangkali kita harus menunggu waktu yang tepat hingga kita bisa melihat lebih jernih sebuah persoalan yang sedang kita hadapi. Be wise, man …

author : K. Tatik Wardayati

303878_253446444702228_100001106225718_671492_312368506_nIntisari-Online.com – Suatu hari, Buddha sedang berjalan dari satu kota ke kota lain dengan beberapa muridnya. Saat mereka berjalan, kebetulan mereka melewati sebuah danau. Mereka berhenti untuk beristirahat di sana dan Buddha meminta salah satu muridnya untuk memberinya sedikit air dari danau itu.

Seorang murid berjalan ke danau. Ketika sampai di sana, ia melihat beberapa orang sedang mencuci pakaian di pinggir danau, dan tepat saat itu, sebuah gerobak sapi melintasi danau.

Akibatnya, air danau menjadi sangat berlumpur. Murid itu berpikir, ”Bagaimana mungkin saya memberikan air berlumpur ini untuk Buddha minum?”

Maka ia kembali dan mengatakan kepada Buddha, “Air danau ini sangat berlumpur. Aku berpikir air ini tidak cocok untuk diminum.”

Setelah beberapa saat, Buddha menyuruh murid itu lagi untuk kembali ke danau dan melihat airnya.

Murid itu patuh dan kembali lagi ke danau. Kali ini ia menemukan bahwa lumpur telah mengendap dan air sudah bersih kembali sehingga ia mengambil air itu dengan panci dan membanya kembali kepada Buddha.

Buddha melihat air itu lalu memandang muridnya dan berkata, “Lihat apa yang telah kau lakukan untuk membuat air menjadi bersih. Biarkan saja dan lumpur pun akan mengendap. Ini juga berlaku untuk pikiran kita. Ketika pikiran terganggu, biarkan saja dulu. Berikan sedikit waktu, dan itu akan mengendap sendiri.”

About royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in artikel, refleksi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s