In Motion

“The world is full of obvious things which nobody by any chance ever observes.” Holmes

holmes_designKeadaan stabil yang paling mungkin adalah kestabilan dalam gerakan (stability in motion). Sesuatu itu akan selalu bergerak karena tiap hal diciptakan selalu dengan pasangannya. Masih ingatkah ketika masih SD? Saat itu guru kita menerangkan bahwa air selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Begitupun, angin yang akan selalu bertiup dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah.

Lanjut, ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi. Kebetulan saya masuk di jurusan teknik kimia. Bertemulah saya dengan mata kuliah transport phenomena. Ternyata, prinsipnya sama saja. Entah itu panas, momentum ataupun massa. Semua hal tersebut bisa berpindah karena diantara keduanya memiliki gradient/perbedaan pada kedua kutub yang menjadi acuan. Dan, sering kami menyebut perbedaan keadaan pada sepasang kutub tersebut dengan istilah gaya dorong/ driving force. Jika antara kedua kutub tersebut sudah seimbang, maka tidak akan ada lagi pergerakan.

Maka, hal ini juga berlaku pada kita. Selama kita masih memiliki rasa penasaran terhadap sesuatu, kita akan terus selalu bergerak. Saya tidak tahu apa tepatnya, mungkin istilah passion bisa cukup mewakili. Dan, dengan itulah manusia membangun peradabannya.

About royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s