little detour

… haruskah gelombang kehidupan melemparkan aku sedemikian jauh dulu, maka baru aku berhak menikmati saat yang membahagiakan itu? Begitu mendalam sehingga memberi makna pada pengembaraanku. Dan, pada tujuanku. Dan, tebusanku (Le Rocher de Tanios, Amin Maalouf)
 

hadji muradJalan pulang ke rumah melintasi ladang tanah hitam yang tandus dan baru saja dibajak. Aku berjalan mendaki lereng landai dengan menyusuri jalanan tanah hitam yang berdebu. Ladang yang baru dibajak itu milik seorang tuan tanah, ukurannya begitu besar sehingga tidak terlihat apa pun, kecuali tanah hitam yang diparut rapi, tapi belum digemburkan di kedua sisi jalanan dan jalanan menuju puncak bukit di depannya. Pembajakan itu dilakukan dengan baik; tidak terdapat sebatang tanaman atau rumput pun yang terlihat di ladang itu — semuanya hitam kelam.

“Manusia sungguh kejam dan merusak, berapa banyak makhluk hidup dan tanaman yang dibantainya untuk menopang kehidupannya sendiri,” pikirku, mencari-cari sesuatu yang masih hidup di tengah ladang hitam nan tandus ini. Di depanku, di sebelah kanan jalan, mataku menangkap semak kecil. Ketika mendekat, aku menyadari semak ini tanaman “Tartar” dengan bunga sama yang telah kucabuti lalu kubuang sebelumnya.

Semak “Tartar” itu terdiri dari tiga batang. Salah satu telah patah dan sisa batangnya menyeruak seperti tanaman buntung. Di kedua batang lainnya tampak sekuntum bunga. Bunga ini dahulu berwarna merah, tetapi sekarang tampak hitam. Salah satu tangkai patah dan setengahnya menggantung terkulai, dengan bunga kotor di ujungnya. Lainnya, walaupun tertutupi debu hitam, masih mampu menegakkan batangnya. Sudah jelas semak itu telah digilas oleh roda dan, setelahnya, ditegakkan sehingga sekarang berdiri miring, tetapi tetap berdiri. Seakan-akan potongan daging telah dikoyak darinya, isi perut terburai, sebuah lengan buntung, dan matanya dibutakan. Namun, tanaman ini mampu berdiri dan tak menyerah pada nafsu manusia yang telah membantai semua saudara di sekelilingnya. (Haji Murad, Leo Tolstoy)

About royani

You could know everything about me in my linkedin page. I've put it in the sidebar beside. So gladly that you arrive in here. Hopefully that you will re-visit in other chance.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s